Kamis, 16 Mei 2019

Mengenal Gomi Bunbetsu (ゴミの ぶんべつ) Pembagian Jenis Sampah Di Jepang

Hallo kali ini Kunkun akan menjelaskan Kepada Yaya soal Gomi-Bunbetsu di Jepang  karena Yaya baru saja sampai di jepang dan belum tau, apa aja sih aturan di jepang.

Yaya : Jadi Gomi Bunbetsu itu apa Kunkun?
Kunkun : Karena Yaya baru saja sampai di jepang, Kunkun akan menjelaskan mengenai Gomi Bunbetsu ke Yaya.

Gomi Bunbetsu (ゴミの ぶんべつ) atau bahasa lain nya bisa juga dengan pembagian sampah ini sangat lah penting saat kita tinggal di jepang, atau jika ingin berkunjung kejepang,





Tidak seperti di Indonesia yang biasa nya ada 2 macam pembagian sampah, yakni sampah Organik dan sampah Anorganik, nah di jepang ada beberapa macam pembagian sampah yang harus kita pisahkan terlebih dahulu jika ingin membuang sampah, dan tidak boleh asal buang sampah saja,



Yaya : Duh ribet yah??
mau buang sampah aja juga mesti di pisah dulu, dan ada tempat nya masing-masing,
Kunkun : Yah begitulah, karena salah satu yang mmbuat jepang bisa berhasil sampai saat ini karena mereka berhasil dalam melakukan pengolahan limbah sampah.



Sebenar nya sampah di jepang terbagi 2
Yaitu  (燃えるごみ / 可燃ごみ, moeru-gomi / kanen-gomi) dan (燃えないゴミ / 不燃ごみ, moenai-gomi / hunen-gomi)


Nah jadi apa beda 2 jenis sampah ini?? 
Kalau (燃えるごみ / 可燃ごみ, moeru-gomi / kanen-gomi) adalah sampah yang bisa di bakar
Semetara (燃えないゴミ / 不燃ごみ, moenai-gomi / hunen-gomi) adalah sampah yang tidak mudah terbakar.

dan Ada 1 jenis sampah lagi, yaitu sampah Daur ulang.

Di Jepang pembagian sampah juga tergantung dimana daerah kita tinggal atau kita kunjungi, berbeda daerah juga berbeda aturan pembagian sampah dan hari pembuangan sampah nya,  


Yaya : Duh kok makin ribet yah??
Kunkun : Bener banget, soal aturan pembuangan sampah di jepang memang ribet banget, tapi kalau udah biasa ngak masalah kok




Kunkun : Nah untuk aturan pembuangan sampah kali ini kita akan membahasa soal aturan sampah di daerah Nagoya, 
Karena menurut Kunkun aturan sampah di Nagoya itu benar-benar banyak dan cukup ribet, apalagi kalau kita baru datang ke Nagoya.
Kunkun dulu juga pernah tinggal di Nagoya.

Jika tinggal di Nagoya kalian akan butuh 6 buah tong sampah,
Iya ENAM BUAH TONG SAMPAH, kok banyak banget?? Kan tadi udah dibilang, kalau pembagian sampah di Nagoya termasuk ribet

1. Tong Sampah Pertama (Nama Gomi - 生ゴミ)

- Dipakai untuk membuang sampah jenis sampah mentah atau Nama Gomi (生ゴミ) 
sampah mentah, sampah mentah ini kayak apa aja sih, misal nya kulit buah, gading, ikan, sayur, cangkang telur dll yang merupakan barang mentah.




sebelum membuang sampah mentah, kalian terlebih dahulu harus membungkus nya kedalam sebuah plastik, supaya air nya tidak berceceran dan bau nya tidak menyebar kemana-mana karena sampah mentah kan cepat busuk. hal yang perlu di perhatikan adalah, kalian harus memeras air dari sampah tersebut sampai benar-benar kering dan harus membungkus nya dengan sangat erat.

- Dipakai untuk membuang sampah-sampah kecil atau sampah plastik 
Masih di tongsampah yang sama, tapi kali ini membuang sampah-sampah kecil atau sampah-sampah plastik bekas belanjaan, bungkus permen, kotak telur, bungkus mie instant dan benda lain yang bersifat minyak. untuk mengetahui jenis sampah ini kita bisa melihat di belakang kemasan makanan tersebut, dan akan terlihat tulisan seperti ini


perlu di ketahui, sebelum membuang sampah jenis ini, sebelum nya kita harus membersihkan sampah ini terlebih dahulu dengan mencucinya dengan air hangat, agar minyak-minyak yang menempel pada kemasan ikut luntur, seperti sampah bungkus bumbu mie instant.

2. Tong Sampah Kedua (Petto Botoru - ペットボトル)

Tong sampah ini bisa kita gunakan untuk membuang botol, nah tapi botol yang seperti apa dulu,
disini kita bisa buang sampah botol plastik atau Petto Botoru (ペットボトル)
nah untuk sampah botolplastik yang mengandung minyak, seperti botol bekas minyak goreng, botol saos, botol kecap, botol bumbu cair lain nya. Logo kemasan botol plastik ini juga sama dengan label di atas 

                                                    

Sampah ini juga sama dengan sampah yang lain nya, sebelum membuang sampah ini, terlebih dahulu dicuci hingga bersih sampai tidak ada bekas minyak yang tersisa,

Nah selain ini, tutup botol dan label kemasan nya juga harus di lepaskan,
Label Kemasan (ラベル) dan Tutup atau Futa (蓋) ini akan masuk ke tong sampah nomor 1 tempat pembuangan sampah kecil dan sampah plastik.

3. Tong Sampah Ketiga (Petto Botoru - ペットボトル)

Masih untuk membuang sampah jenis botol plastik atau Petto Botoru (ペットボトル) 
Loh apa beda nya dengan tong sampah ke 2??
Nah beda nya adalah, tong sampah ini digunakan untuk membuang sampah botol plastik seperti botol Jus atau minuman yang tidak mengandung minyak.
cara pembuangan sampah ini pun juga sama, yakni dengan melepaskan Label Kemasan (ラベル) dan Tutup atau Futa (蓋) ini akan masuk ke tong sampah nomor 1 tempat pembuangan sampah kecil dan sampah plastik.
Dan selalu pastikan untuk mencuci botol plastik tersebut hingga bersih sebelum membuangnya ke tempatsampah

4. Tong Sampah Keempat (Kami Pakku - 紙パック)

Nah kalau tong sampah yang ini gunanya adalah untuk membuang sampah kemasan kertas, kemasan kertas disini maksud nya adalah kemasan kertas yang cukup tebal, seperti kotak susu, Jus, Kopi, kotak makanan yang cukup tebal, biasa nya kayak kotak coklat.


Jenis sampah ini disebut dengan Kami Pakku (紙パック) atau kemasan kertas. sebelummembuang sampah ini, pastinya seperti biasa dicuci bersih terlebih dahulu, lalu buka bagian atas dan bawah kotak nya agak tidak banyak memakan tempat saat dibuang.

5. Tong Sampah Kelima (Bin - びん)


Tong sampah kelima adalah tong sampah untuk membuang sampah berupa botol bekas, botol bekas disini adalah botol yang terbuat dari kaca, biasa nya botol bekas susu, minuman, atau bumbu masakan.


Seperti sampah lain nya, sebelum membuang sampah ini terlebih dahulu botol di cuci bersih, dan lepaskan Label Kemasan (ラベル) dan Tutup atau Futa (蓋)

6. Tong Sampah Kelima (Kan - )


Sama dengan sampah tong sampah kelima, tetapi tong sampang kali ini digunakan untuk membuang sampah kaleng. Kaleng seperti apa?? misalnya kaleng bekas minuman, makanan kaleng, sarden, dan sampah kaleng lainnya.






Yaya : Waaaah!! banyak juga yah pembagian sampah di Jepang
Nah gimana kalau misal nya ada sampah dari besi seperti pisau, tutub botol besi, potongan besi lain nya? mau dibuang kemana??

Nah untuk jenis sampah seperti ini juga ada tempat sampah khusus nya

6. Tong Sampah (Moenai-Gomi- 燃えないゴミ)

Yaya : Trus gimana cara buang sampah kayak gini??
Kunkun : Kalau misalnya kalian buang benda-benda dari besi, arti nya Yaya harus buang tong sampah Moenai -gomi atau sampai tidak bisa dibakar. tapi membuang sampah ini juga ada aturan nya lho. misal nya kalian ingin membuang pisau bekas.

Jangan dibuang begitu saja, kalian harus membungkusnya terlebih dahulu dengan kertas,
nga cuma itu aja, di kertas pembungkus tadi kalian juga harus menuliskan Kiken (危険) yang arti nya Bahaya. Saat petugas sampah akan mengambil sampah tersebut, mereka akan tahu bahwa didalam bungkusan tersebut ada benda tajam yang berbahaya

tidak hanya itu saja, saat membuang cukuran bekas, Pecahan kaca ataupun benda berbahaya lain nya, kalian juga harus membungkus nya dengan kertas dan menuliskan Kiken (危険) disampah tersebut.

dan sampah-sampah tadi termasuk kedalam sampah Moenai-Gomi

Kunkun : Ettt!!! Masih adalagi. . .
Yaya : Eeeeee ada lagi??!!

Kunkun : Gimana kalau kalian ingin buang sampah yang ukuran nya besar??

7. Sampah Besar (Zodaigomi - 粗大ゴミ)

Yaya : Sampah besar?? Kayak apa sih?? 
Kunkun : Sampah besar ini seperti Kulkas, Lemari, Sepeda, Sepeda Motor, Radio, Kipas Angin dan benda besar lain nya yang ngak muat di tong sampah.



Yaya : Trus cara buang nya gimana?? 
Kunkun : Nah kalau untuk sampah besar seperti ini, kalian ngak bisa langsung membuangnya ketempat sampah begitu aja, ada aturan nya, dan itu harus mengeluarkan uang.

Yaya : Eeeeee!! Mau buang sampah aja mesti keluarin uang??
Kunkun : Yah, sekarang jadi tau kan kenapa orang jepang malas membeli barang-barang yang ukuran nya besar kalau barang tersebut ngak terlalu penting.

Nah untuk membuang barang yang ukuran nya besar ini, kalian perlu menempelkan kertas pembuangan di barang yang akan dibuang, misalnya kalian akan membuang lemari, kalian perlu kertas yang di tempeldibarang yang akan dibuang, biasa nya kertas tersebut bisa di dapat di konbinni atau dari petugas sampah.

disana akan tertulis jenis sampah, ukuran, lebar dan berat nya, serta ognkos yang harus dibayarkan untuk mengangkut sampat tersebut. tergantung dari jenis dan ukuran sampah yang kita buang

Yaya : Kalau misalnya kita buang sampah nya begitu aja gimana? ngak usah pakai kertas?
Kunkun : Yaah sampah nya ngak bakal diangkut sama petugas sampah.

Yaya : Kalau kita biarin gitu aja gimana??
Kunkun : Yang ada kita bakal dapat teguran, yang paling parah nanti tempat tinggal kita bakalan di datangi oleh polisi, dan bisa bisa kena denda.

Yaya : Bisa didatangi polisi juga??
Kunkun : Ya iya lah hahaha

Yaya : Kena denda juga??
Kunkun : Di jepang, kalau soal denda, ngak main-main, bisa auto miskin yang ada

Yaya : Hebat yaaah~
Kunkun : Karena ini negara jepang bisa sukses, karena mereka berhasil mengelola sampah mereka dengan baik

Yaya : Sekarang Yaya tahu bagaimana aturan pembagian sampah di Kota Nagoya, Makasih Kunkun
Kunkun : Sama sama Yaya, kalau ada kesempatan, kita bakal ngebahal hal yang lain lagi tentang jepang

Jyaaa Sayounara Minna~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Gomi Bunbetsu (ゴミの ぶんべつ) Pembagian Jenis Sampah Di Jepang

Hallo kali ini Kunkun akan menjelaskan Kepada Yaya soal Gomi-Bunbetsu di Jepang  karena Yaya baru saja sampai di jepang dan belum tau, apa a...