Kamis, 09 Mei 2019

Pengalaman 15 Jam Menjalani Ibadah Puasa Ramadhan 2019 Di Negeri Sakura Jepang

Hello Guys
Ngak terasa udah masuk bulan suci ramadhan, tapi ramadhan kali ini benar-benar berbeda dari tahun-tahun sebelum nya.

loh? kok gitu?
Yah karena dibulan ramadhan kali ini saya menjalani ibadah puasa di Negeri Sakura Jepang,








Jadi apa aja sih yang beda di bulan puasa kali ini??
Pertama, selain saya menjalankan ibadah puasa ramadhan di Negeri Sakura Jepang, puasa kali ini jatuh di pertengahan musim semi. bersyukur sih karena bulan puasa nya jatuh pas musim panas

nah kalau dinegara 4 musim seperti jepang, saat musim semi matahari lebih cepat terbit dan lebih lama tenggelam, jadi waktu ibadah puasa pun menjadi lebih panjang
tapi, kalau ibadah puasa jatuh pas musim panas, waktu nya bisa lebih panjang lagi

disini saya sudah menjalani ibadah puasa hari ke 3
kebetulan karena lagi libur, jadi ngak terlalu susah menjalani puasa

karena saya di daerah Fukuoka, yang agak lebih hangat dari daerah lain, dan pergantian musim nya juga lebih awal dari daerah lain,
disini Waktu Imsyak dimulai sekitar jam 3:49 menit dan waktu berbuka sekitar jam 19:09
jadi lebih kurang saya menjalani ibadah puasa di sini sekitar 15 jam,

kalau seandainya bulan puasa kali ini jatuh pas musim panas, mungkin ibadah puasa yang dijalanan adalah sekitar 17-18 jam, yah beruntung nya sekarang puasa jatuh di pertengahan musim semi

Lalu bagaimana dengan pekerjaan saat menjalani ibadah puasa?
nah kebetulan, saya disini bekerja bukan outdoor, tapi indoor
jadi ngak berhadapan langsung dengan panas matahari, tetapi walaupun saya bekerja indoor, bukan berarti pekerjaan nya menjadi mudah, karena yang nama nya pekerjaan pasti melelahkan.
terlebih lagi saya mesti berjalan kesana kemari, mengangkat beban yang cukup bikin tenggorokan haus.

ngak cuma itu sih, yang paling berat, kalau sedang bekerja di dapur
bayangin aja, kalian menjalani puasa selama 15 jam, dan kalian bekerja membuat makanan yang aroma nya bikin perut ngak nahan, apalagi pas lapar-lapar nya hahahahah

sungguh ujian yang berat sekali yah, yang penting kuat kan niat, insyallah bisa

Pernah kepikiran buat ngak puasa atau pengen ngebatalin puasa ngak?
pasti nya pernah, tapi alhamdulillah cuma kepikiran aja, ngak sampe beneran ngebatalin atau sama sekali ngak puasa, dan itu terjadi 1 hari sebelum masuk bulan ramadhan,

waktu itu saya benar-benar ngak yakin soal ini, dalam hati saya berkata "Ramadhan kali ini puasa ngak yah, ngak usah aja kali yah, eh tapi coba dulu aja deh"

dan akhir nya saya memutuskan untuk berpuasa, di hari pertama saya sahur sekitar jam 11 malam,
lalu besok nya, masih di hari puasa pertama saya pergi keluar,
transportasi disini menggunakan bus, lebih kurang 1 jam 40 menit untuk pergi kekota,

yah nama nya orang lapar, kalau naik bus perjalanan jauh pasti bawaan nya pusing,
nah di dalam bus udah kepikiran mau buka puasa aja, karena udah pusing dan badan udah gemetar,
"pokok nya nanti pas udah turun bus gw mw beli minuman" ngomong dalam hati

pas udah turun bus, alhamdulillah tiba-tiba badan jadi seger lagi.
tapi perjalanan saya waktu itu belum berhenti sampai disana,
perjalanan saya lanjutkan menggunakan shinkansen menuju Stasiun Okayama, karena shinkansen memang angkutan yang bagus, jadi selama 2 jam perjalanan ngak ada masalah

dan lagi-lagi perjalanan saya tidak hanya sampai turun dari shinkansen, perjalanan saya lanjut kan menggunakan kereta api biasa yang memakan waktu 1 jam,
alhamdulillah selama 6 jam perjalanan ibadah puasa saya masih bisa saya jalani dengan baik dan saya berhasil bertahan sampai buka puasa.

Yang ngak enak di puasa tahun ini apa?
yang pasti nya ngak bisa buka barenag sama keluarga di puasa pertama, sedih gaess T_T
teman-teman di grup WA juga udah ancang-ancak buat bikin acara bukber, lah kita disini cuma bisa ngeread aja tapi ngak bisa ikutan.

biasa nya kalau nonton TV di indonesia, sering liat iklan marjan bersambung,
disini mah ngak ada, sama sekali ngak ada.

ngak ada yang jual takjil juga disini, mau ngabuburit juga ngak bisa,
sedihlah pokok nya ngejalanin ibadah puasa di negeri orang, belum lagi nanti pas lebaran keluarga besar pada ngumpul tapi kita ngak bisa ikutan ngumpul.



yang lebih parah nya kalau lebaran jatuh pas hari kerja, alamak!! ngak bisa berbuat apa-apa udah

tapi mau gimana lagi, mau ngak mau mesti di jalani,
mesti banyak sabar, dan menjalani denga ikhlas, yah karena saya sampai di jepang ini juga atas keinginan sendiri. jadi semua resiko nya mesti di hadapi sendiri hahaha

Ada lagi ngak?
apa lagi yah? kayak nya untuk saat ini cukup deh sharing Pengalaman 15 Jam Menjalani Ibadah Puasa Ramadha 2019 Di Negeri Sakura Jepang, nanti kalau ada lagi ditambahin

Selamat menjalani ibadah puasa
Mohon Maaf Lahir dan Batin ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Gomi Bunbetsu (ゴミの ぶんべつ) Pembagian Jenis Sampah Di Jepang

Hallo kali ini Kunkun akan menjelaskan Kepada Yaya soal Gomi-Bunbetsu di Jepang  karena Yaya baru saja sampai di jepang dan belum tau, apa a...